Rss Digg Twitter Delicious Facebook Stumbleupon

Minggu, 19 Juni 2011

Skenario Blok 12 Modul 6

Modul 6
Infertilitas

Yani, seorang wanita berumur 40 tahun mengeluh mengalami perdarahan yang lama dan banyak yang sudah dialami sejak 4 bulan terakhir. Yani menikah usia 19 tahun, dan pernah hamil 6 kali tapi hanya 2 anaknya yang hidup sedangkan 4 lainnya abortus spontan pada umur kehamilan 8,9,10,11 minggu. Setelah kehamilan anak terakhir, Yani memakai IUD. Karena sering mengalami infeksi dan nyeri di daerah pelvis, IUD dilepas dan mencoba memakai pil KB, tetapi sering mengalami perdarahan, akhirnya Yani memutuskan tidak ber KB lagi sejak 13 tahun yang lalu.

Saat ini Yani ingin hamil lagi karena ia ingin memiliki anak laki laki karena 2 anak sebelumnya perempuan. Tetapi Yani khawatir sekali apakah akan terjadi keguguran lagi, karena pada keguguran yang lalu ditemukan adanya infeksi TORCH. Menurut dokter ini berhubungan dengan kebiasaan Yani yang suka makan telur seteengah matang dan memiliki beberapa ekor kucing.

Dari asil pemeriksaan dokter saat ini tidak ditemukan kelainan dari dari genitalia interna, dari hasil pemeriksaan USG ditemukan endometrium tebal 14 mm dan kedua ovarium normal. Yani bertanya kepada dokter apakah dia bisa hamil lagi, dan apakah kista endometriosis yang pernah di operasi sewaktu gadis bisa kambuh lagi ?
Bagaimana anda menjelaskan keadaan Yani ?

0 komentar:

Posting Komentar